Pengertian Badan Usaha

Sampai saat ini masih banyak orang menganggap jika suatu perusahaan merupakan badan usaha. Padahal anggapan tersebut bisa dinilai tidak benar. Jika dilihat dari definisinya, maka badan usaha merupakan sekumpulan orang atau pemodal yang memiliki tujuan untuk mendapatkan suatu keuntungan atau laba. Namun jika dilihat dari segi perbedaan antara perusahaan dan badan usaha itu sendiri. Maka badan usaha bisa diartikan sebagai sebuah lembaga, sedangkan untuk perusahaan adalah media atau tempat dari badan usaha tersebut untuk melakukan kegiatan produksi sesuai bidang perusahaan itu sendiri. Dengan adanya badan usaha yang dinilai legal secara hukum juga akan memberikan kekuatan kepada perusahaan itu sendiri.

Namun jika dilihat dari keadaan yang terjadi dilapangan masih banyak perusahaan atau bidang usaha yang tidak memiliki legalitas secara hukum. Banyak faktor yang mempengaruh pelaku usaha menunda pembuatan legalitas dari usaha yang dimilikinya.

Salah satunya adalah modal, sebab untuk membuat suatu perusahaan dinyatakan legal secara hukum membutuhkan modal yang terbilang tidak sedikit dan membutuhkan waktu. Selain itu perusahaan yang sudah masuk ke dalam kelompok legalitas juga harus membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Itu sebabnya masih banyak pelaku usaha yang tidak memiliki legalitas secara hukum.

Dengan memahami definisi tersebut, tentunya kamu juga sudah mengerti apa dan kapan perlu mendirikan badan usaha.

Jika kamu membutuhkan jasa pengurusan Legalitas Usaha dengan layanan Terlengkap, Mudah dengan harga Tejangkau, segera Hubungi kami di Whastapp atau Email. | Follow Instagram Terimakasih, Salam Legasy Indonesia.

Artikel ini ditulis oleh Subadria Nuka, S.H. – Konsultan Hukum Bisnis Dan Perizinan Legasy Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel Terkait

Menu