Tanda Daftar Perusahaan (TDP) Pasca Undang-Undang Cipta Kerja

Sebelumnya Tanda Daftar Perusahaan (“TDP”) diatur dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan (“UU 3/1982”). Pasal 1 huruf a UU 3/1982 menyatakan bahwa daftar perusahaan adalah daftar catatan resmi yang diadakan menurut atau berdasarkan ketentuan UU 3/1982 dan atau peraturan-peraturan pelaksanaannya, dan memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang dari kantor pendaftaran perusahaan. Perusahaan yang telah disahkan pendaftarannya dalam daftar perusahaan akan diberikan TDP

Semenjak berlakunya Undang-Undang Cipta Kerja (Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta), merujuk Pasal 116 UU Cipta Kerja, UU 3/1982 telah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. Dengan begitu, saat ini perusahaan sudah tidak memiliki kewajiban untuk memiliki TDP.

Demikian penjelasan singkat dari kami, ayo urus legalitas bisnis anda bersama Legasy Indonesia. segera Hubungi kami di Whastapp atau EmailFollow Instagram Terimakasih, Salam Legasy Indonesia.

Artikel ini ditulis oleh Maruli Harahap, S.H. – Konsultan Hukum Bisnis dan Perizinan Legasy Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel Terkait

Menu